Ketahui Bahaya Karena Sering Mengecat Rambut Bagi Kesehatan!

Bukan hal asing lagi ketika melihat orang lain yang gemar akan mewarnai rambutnya dengan berbagai macam jenis warna hanya demi kebutuhan penampilan jadi lebih menarik semata di depan orang lain. Beberapa orang melakukan pewarnaan terhadap mahkota kepalanya tersebut juga sebagai alasan pendorong percaya diri dan tidak ada yang salah dari hal ini.

Harus diketahui juga bahwa ternyata dengan sering mengganti warna rambut akan berpengaruh terhadap kesehatan seseorang loh, jadi daripada semata ingin terlihat keren setiap waktu juga harus memikirkan efek yang akan timbul juga. Berikut akan kita pahami bahaya bila terlalu sering menggunakan bahan cat rambut!

1. Kandungan Bahan Kimia Pewarna Rambut Cukup Berbahaya

Bukan rahasia lagi bahwa sebuah bahan untuk membuat rambut menjadi warna tertentu ternyata memiliki kandungan bahan kimia di dalamnya dan zat kimia tersebut sangat berbahaya yaitu jenis para-phenylenediamine dimana zat ini dipercaya para ahli kesehatan berperan untuk menyebabkan alergi, karsinogen bahkan kasus lebih buruk kanker dengan amonia yang memicu penyakit pernapasan seseorang.

2. Rambut menjadi rentan rusak

Bahaya selanjutnya adalah mengalami kerusakan rambut yang diwarnai berulang-ulang itu sendiri, dimana rambut akan kehilangan sifat alaminya maka rambut menjadi rentan mengalami masalah seperti patah, kusam, bercabang serta kulit kepala beresiko infeksi. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan bahan rambut yang khusus agar terjaga kesehatannya mulai dari shampoo atau masket rambut.

3. Dapat mengalami kebotakan pada kepala

Amonia yang berada di dalam bahan kimia sebuah pewarna rambut juga bisa membuat rambut menjadi semakin rapuh karena seiring banyak pemakaian akhirnya lapisan kutikula atau permukaan pada kepala dapat semakin terbuka berkat amonia tersebut yang berujung kebotakan.

4. Mempengaruhi sistem kekebalan tubuh

Seperti yang dijelaskan sebelumnya dalam sebuah pewarna rambut terdapat banyak kandungan kimia di dalamnya dan apabila pemakaian yang terlalu sering dan tubuh sering mendapat paparan zat kimia tersebut bisa membuat sistem kekebalan tubuh semakin menurun dan tubuh semakin mudah terkena penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *