Inilah Cara Paling Ampuh Tangani Serangan Panik Berlebihan!

Siapapun pasti pernah mengalami rasa panik ketika menghadapi situasi yang tidak terduga contohnya seperti sedang berada dalam bahaya atau melakukan suatu kegiatan untuk tampil di depan umum dan harus ditonton oleh banyak orang sehingga membuat diri menjadi gugup dan bisa berakibat tubuh sulit terkendali bahkan ada yang mengalami rasa panik berlebihan atau sebut saja panic attack dimana dapat tidak sadarkan diri di tempat hal buruknya.

Harus diketahui panic attack sendiri juga bisa mengakibatkan hal berbahaya tertentu apabila tidak mampu mengendalikannya, seseorang yang mengalami rasa panik berlebihan tidak bisa mengontrol dirinya lagi seperti biasa. Berikut kita akan jelaskan tips ampuh menangani rasa panik tersebut, langsung simak di bawah ini ya!

1. Harus melawan pikiran negatif yang muncul ketika panik mulai dirasakan

Situasi panik itu bukan hal yang mustahil untuk dilawan yaitu ketika sedang menghadapi perasaan tersebut maka akan muncul berbagai pikiran negatif sehingga membuat diri semakin terjatuh ke dalam. Maka hal pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan hal sebaliknya dengan melawan berbagai pikiran buruk dan mulai memikirkan hal yang baik serta menguntungkan.

2. Mulai mengatur pernapasan dengan baik

Serangan panik akan membuat pernapasan semakin sulit dan tidak terkendali, sensasinya akan seperti tergesa-gesa layaknya selesai berlari cepat dan mengalami kelelahan. Harus kamu sadari pernapasan yang terputus-putus mengakibatkan rasa pusing di kepala dan berujung tidak sadarkan diri, maka lakukan teknik bernafas secara perlahan ketika panik agar tetap teratur dan bisa mengendalikan diri dengan baik.

3. Bermeditasi

Metode latihan meditasi dipercaya mampu mengatasi setiap orang yang punya masalah panik, karena dengan meditasi mereka bisa mengenal setiap emosi pada dirinya dan otomatis belajar mengendalikan psikologinya lebih baik lagi dan perasaan seperti panik tidak akan mudah menyerang diri.

4. Meyakinkan diri terlebih dahulu

Sangat penting untuk berkomitmen lebih dahulu kepada diri sendiri bahwa yakin bisa melakukannya agar ketika melakukan sesuatu panik tidak akan datang. Rasa panik sendiri dapat ditekan oleh orang yang punya kepercayaan atau mental kuat dalam dirinya dan ini bisa dilatih apabila sering berbicara di dalam kepada diri sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *