Tips Manfaat Kesehatan Dan Nilai Gizi Bayam

Tips Manfaat Kesehatan Dan Nilai Gizi Bayam

Bayam adalah makanan super. Sayur tersebut dimuat dengan banyak nutrisi yang ada didalamnya namun rendah dengan kandungan kalori. Sayuran hijau gelap seperti sayur bayam sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, dan tulang. Bayam juga menyediakan protein, zat besi, vitamin, dan mineral.

Manfaat kesehatan yang mungkin dapat diketahui dari mengkonsumsi bayam adalah menjaga kadar gula darah pada penderita diabetes, menurunkan risiko terkena kanker, juga meningkatkan kepadatan tulang, serta memasok vitamin dan mineral yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan tubuh.

Bayam telah digunakan oleh berbagai budaya pada sepanjang sejarah di dunia ini, terutama pada masakan di daerah Mediterania, Asia Tenggara dan di Timur Tengah. Sayur bayam dapat juga dimasukkan ke dalam diet, harganya murah dan mudah untuk mengolahnya.

Tentang nutrisi yang terkandung dalam bayam yang dapat bermanfaat bagi tubuh dan dapat di memasukkan ke dalam menu makanan harian Anda.

Fakta Tentang Bayam

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 100 gram bayam mengandung 28,1 mikrogram vitamin C, 34 persen dari rekomendasi harian.

Kandungan Nutrisi

Satu cangkir bayam mentah mengandung:

7 kalori
0,86 gram (g) protein
30 miligram (mg) kalsium
0,81 g besi
24 mg magnesium
167 mg potasium
2.813 unit interasional (IU) Vitamin A
58 mikrogram folat

Bayam juga mengandung vitamin K, serat, fosfor, dan tiamin. Sebagian besar kandungan kalori dalam bayam berasal dari protein dan karbohidrat.

Zat Besi
Kekurangan zat besi dalam makanan dapat mempengaruhi seberapa efisien tubuh untuk menggunakan energi. Bayam adalah sumber zat besi. Sebaiknya bayam dikonsumsi dengan makanan yang kaya dengan kandungan vitamin C seperti yang ada pada buah jeruk, dengan kandungan zat besi nabati bayam dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi menjadi lebih baik.

Kalsium
Bayam mengandung kalsium 250 mg untuk per cangkirnya. Tetapi itu lebih mudah dapat diserap jika dibandingkan dengan kalsium dari sumber susu. Bayam mempunyai kandungan oksalat yang sangat tinggi,.

Magnesium
Bayam adalah salah satu sumber terbaik kebutuhan magnesium, yang diperlukan untuk dapat memenuhi metabolisme energi, juga mempertahankan fungsi pada otot juga saraf, detak jantung menjadi teratur, membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih sehat, dan menjaga tekanan darah menjadi stabil. Magnesium juga berperan dalam ratusan lebih banyak untuk reaksi biokimia yang terjadi di dalam tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *