Jus Pare memiliki manfaat melancarkan ASI? Inilah Penjelasannya

Kalau ada makanan/minuman untuk melancarkan ASI bagi ibu ibu, pastinya pare yang paling sering disebutkan oleh orang. Pare terkenal akan rasa pahitnya sehingga banyak orang yang tidak menyukainya. Namun ada beberapa cara untuk mengolah pare agar tidak terlalu pahit.

Pare ataupun nama ilmiahnya Momordica Charantia sudah lama dikenal sebagai sayuran yang sangat bagus untuk tubuh atau menjadi obat. Selain untuk memperlancar ASI, pare juga memilik manfaat dalam penyembuhan luka sampai dapat menurunkan kadar gula pada seseorang yang terkena diabetes.

Lantas apakah jus pare dapat melancarkan ASI bagi ibu ibu?

Sebenarnya, belum ada aturan mutlak yang menyatakan bahwa ada makanan tertentu bisa memperlancar ASI seorang ibu menyusui. Karena makanan/minuman yang dikonsumsi untuk memperlancar ASI setiap ibu ibu yang menyusui bisa berbeda beda.

Jus pare sendiri memiliki kadar serat, folat, vitamin C, dan vitamin A juga memiliki antioksidan yang tinggi yang dapat melindungi sel tubuh kita dari radikal bebas. Disini artinya tidak ada kandungan zat tertentu yang memiliki fungsi untuk memperlancar ASI atau memperbanyak ASI.

Jika seseorang merasa ASI nya bertambah banyak setelah mengkonsumsi jus pare, bisa jadi itu dikarenakan asupan nutrisinya ataupun cairan tubuhnya sudah terpenuhi. Sayur sayuran serta buah buahan memang sangat direkomendasikan bagi ibu menyusui karena memiliki vitamin serta mineral yang tinggi.

Cara Mengolah Pare Agar Mengurangi Rasa Pahitnya

Pada umumnya, pare diolah menjadi sayuran, tumisan, atau makanan lainnya karena rasa dari pare dapat membuat suatu masakan menjadi khas sendiri.

Jika anda ingin membuat jus pare, disarankan agar anda mencampurnya dengan buah buahan yang manis seperti buah melon, untuk mengimbangi rasa pahit dari pare ini.

Selain itu juga ada beberapa cara untuk mengurangi rasa pahit dari pare :

  1. Pilihlah pare yang memiliki warna hijau tua karena itu masih muda
  2. Sebelum anda memasaknya, rendamlah dahulu dengan yogurt yang tidak memiliki rasa
  3. Olah dengan bahan masakan yang memiliki rasa yang kuat seperti telur, atau cabai
  4. Rebuslah pare dengan air rendaman garam, gula dan cuka.

Jadi anda bisa mulai mencobanya agar badan tetap sehat dan terbebas dari berbagai penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *